Alat Input Komputer

 Alat Input Komputer


INPUT DEVICE

Apa sih itu input? input merupakan alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa sinyal input atau maintenance input.Berikut ini adalah contoh dari alat input komputer :

1. Keyboard

Keyboard merupakan Alat input yang paling umum digunakan, input dimasukkan ke alat proses dengan cara mengetikan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard nanti hasilnya akan muncul di monitor. 

Gambar Keyboard

Link Artikel Keyboard

2. Mouse

suatu jenis perangkat keras komputer yang menerima input berupa gerakan, penekanan tombol (klik mouse), dan scrolling yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder.Tikus dalam bahasa Indonesia berarti “tikus”.Kami mengatakan demikian karena  bentuk perangkatnya menyerupai mouse, kecil dan ramping di bagian depan dan menggembung  di bagian belakang.

Gambar Mouse

Link Artikel Mouse

3.Microfon

Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukkan data atau perintah dalam bentuk suara. Mikrofon juga biasa digunakan untuk berbicara dengan orang yang terhubung ke Internet.

 

Gambar Microfon

Link Artkel Microfon

4.Scanner

Scanner merupakan suatu perangkat elektronik yang  fungsi dasarnya adalah memperbanyak file, yang kemudian diubah dan disimpan dalam bentuk digital.Alat elektronik ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian kertas yang diambil hingga tidak ada lagi bagian yang tersisa.



Gambar Scanners

Atikel Scanner

5.Web Cam

Scanner merupakan suatu perangkat elektronik yang  fungsi dasarnya adalah memperbanyak file, yang kemudian diubah dan disimpan dalam bentuk digital.Alat elektronik ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian kertas yang diambil hingga tidak ada lagi bagian yang tersisa.



Gambar Webcam

Artikel Webcam

Adapun macam - macam webcam yaitu:

1.USB Webcam  Webcam 

ini cocok untuk pemula karena Anda hanya perlu mencolokkannya ke port USB tanpa harus melakukan pengaturan lainnya.Namun sistem operasi komputer atau laptop yang digunakan juga harus mampu mendukung penggunaan webcam.

 2.Firewire dan webcam pada kartu Firewire 

merupakan teknologi pengambilan video untuk kamera yang mendukungnya.Biasanya, jika webcam mengintegrasikan teknologi ini, harganya relatif tinggi.Bagaimana ini bisa terjadi?Alasan utamanya adalah kemampuannya menghasilkan frame rate yang tinggi,  24 hingga 30 fps.

 3.Kamera nirkabel dan jaringan Kamera nirkabel dan jaringan

 adalah kamera yang tidak perlu dihubungkan ke komputer.Kamera ini sebenarnya sudah terhubung dengan modem sehingga transmisi gambar dan suara bisa langsung muncul di layar lawan bicara Anda.

 

6.Joystick

Joystick merupakan suatu perangkat input yang dapat digunakan untuk mengontrol pergerakan suatu penunjuk atau pointer pada perangkat komputer.Pergerakan penunjuk/kursor dikendalikan dengan menggerakkan  joystick.Fungsionalitas joystick terutama digunakan untuk aplikasi permainan dan terkadang juga dalam aplikasi grafis.Selain itu, joystick juga dapat kita temukan pada perangkat input bagi penyandang disabilitas atau pengguna kursi roda, pengontrol alat berat, bahkan pada pesawat terbang.

 






Tonton juga video di bawah ini yang berkaitan dengan artikel di atas





Agar kamu bisa lebih paham dengan materi ini kalian bisa bisa tonotn video pendukung ini yaaa















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Output Komputer

Manajemen Sistem Informasi